Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Mempunyai beberapa akun email kadang cukup merepotkan. Kita harus login berkali-kali untuk mengecek email kita, dan bahkan kita lupa password dari email yang kita jarang buka. Padahal kita masih memerlukan email tersebut.

Belajar dari pengalaman pribadi tersebut, akhirnya saya mencari cara agar kita bisa mengakses email-email kita dalam satu aplikasi. Waktu itu saya menggunakan software thunderbird dari Mozilla. Cukup efektif dan mudah, tetapi masalahnya ada 2:

  1. Software Mozilla Thunderbird cukup berat dan memakan resources komputer saya.
  2. Kalau kita pindah komputer, data email ada di komputer yang terinstall Thunderbird.

Kemudian saya research lagi, dan ternyata ada cara agar kita bisa mengakses email dari beberapa akun (dan provider) berbeda dalam satu akun email. Hanya perlu 1 x login, dan juga tidak membutuhkan software tambahan, hanya menggunakan browser kita, dalam hal ini saya terbiasa menggunakan google chrome, meskipun memang agak berat, ngabisin resources komputer saya yang jadul.

Nah jadi bagaimana cara menggabungkan beberapa email menjadi satu inbox tanpa menginstall software dan cukup menggunakan browser?

Jabannya adalah: dengan menggunakan fitur email forwarding (penerusan email).

Fitur ini tersedia di hampir semua provider email, baik gratisan maupun berbayar. Contoh yang gratis tentu saja Gmail. Dan tentang akun gmail ini yang akan saya pakai dalam tutorial ini. Tentu saja semua provider email lain, yang mendukung email forwarding, juga bisa diaplikasikan cara ini.

Jadi kita akan mem-forward email dari akun email yang kita jarang pakai, kita sebut saja “email sekunder”, dan kita buat agar email sekunder tersebut bisa kita akses dari email utama kita, yang kita sebut saja “email primer”. Dan kita juga akan men-setting agar kita bisa mereply langsung dari akun email primer, tetapi dengan tetap menggunakan alamat email sekunder sebagai alamat email pengirim (yang me-reply).

Pertama, email forwarding

Pertama-tama, kita login ke gmail menggunakan mail sekunder kita seperti biasa. Kemudian klik setting di bagian pojok kanan atas, klik “see all setting”

Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Kemudian klik tab “Forwarding and POP/IMAP”, dan klik tombol “Add a forwarding address”

Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Tulis / masukan alamat email primer kita, dan ikuti langkah selanjutnya.

Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Kemudian, akan ada notif bahwa confirmation email dikirim ke email primer kita.

Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Jangan di close dulu ya halaman diatas.

Login ke gmail menggunakan email primer kita di tab baru, dan cari confirmation email yang dimaksud. Cari kode konfirmasi (confirmation code) dan kita kopi (Ctrl+C atau blok klik kanan>Copy)

Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Masukan confirmation code tadi ke tab tempat setting email sekunder kita tadi

Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Klik Verify, dan kalau semua lancar, akan muncul gambar seperti dibawah

Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Di pilihan di atas, bisa dipilih yang paling atas, seperti gambar.

Nah sekarang setiap kali email sekunder kita menerima email, otomatis akan diteruskan (forward) ke email primer kita.

Kita bisa melakukan hal yang sama dengan beberapa email lain (misalkan kita punya beberapa email sekunder).

Tentunya harus kita sadari bahwa hal tersebut juga memakan space di email primer kita. Yang mana kuota gratis email dari gmail adalah 15 GB.

Kalau kuota sudah dirasa memberatkan atau mau habis, bisa dipilah-pilah email yang tidak dipakai untuk di hapus, terutama yang banyak file besar sebangsa foto dan video. Tapi secara umum 15 GB itu sangat banyak untuk ukuran email ya kecuali kita bekerja di bidang grafis yang seringkali harus kirim dan terima email dengan size besar.

Kedua, setting penambahan alamat untuk mengirim email

Langkah-langkah di atas adalah untuk menggabungkan inbox. Bagaimana kalau kita mau membalas email yang masuk ke email sekunder kita? Untuk itu ada langkah tambahan berikut ini.

Di email primer kita, klik setting seperti yang kita lakukan di email sekunder kita tadi. Kemudian klik tab “Account and Import”.

Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Cari di bagian “Send mail as”, dan klik “Add another email address”.

Tambahkan alamat email sekunder kita tadi, dan klik Next

Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Kemudian google akan mengirim email konfirmasi / confirmation email ke email sekunder kita. Kita sudah bisa membukanya di inbox email primer kita lho.

Oya jangan di tutup dulu tab setting di atas.

Cari email tersebut dan temukan confirmation code nya

Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Masukan kode tersebut di tab setting email primer kita tadi.

Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Dan selesai.

Untuk mengecek berhasil atau tidak, kita bisa klik compose / tulis email di email primer tadi, dan seharusnya ada pilihan untuk menggunakan alamat pengirim email primer dan sekunder kita tadi.

Menggabung beberapa email jadi satu akun gmail

Dan supaya semua email yang masuk, ketika kita reply, email uang digunakan untuk reply adalah email yang menerima email tersebut, maka di bagian “send mail as:” pilih opsi “Reply from the same address the message was sent to“.

Nah dengan cara ini, kita bisa mengakses semua email kita, dan juga membalasnya (reply) tanpa harus membuka banyak tab email, atau menggunakan software semacam thunderbird. Cukup dengan menggunakan browser saja, dan menggunakan 1 akun gmail utama kita.

Semoga bermanfaat ya. Kritik saran dan masukan silakan diketik di kolom komentar.

Terimakasih! ^^

Versi bahasa inggris dari artikel ini telah tayang di https://simplewaytodothings.blogspot.com/2020/06/simple-way-how-to-merge-your-gmail.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Menu