Menghasilkan uang bermodal koneksi internet

Di saat pandemi corona sekarang ini, banyak orang yang terpaksa bekerja di rumah, atau bahkan dirumahkan. Dan seiring dengan himbauan #dirumah saja, banyak orang yang seharian banyak di depan komputer / handphone mengakses internet untuk segala keperluan. Mulai untuk bekerja, komunikasi dengan teman atau saudara, buka sosmed, main game, dll.

Hal ini juga membuat banyak orang berfikir, bagaimana ya caranya menghasilkan uang bermodal koneksi internet? Dari pada seharian main game atau scrolling facebook yang tidak produktif.

Ternyata ada lho, cara menghasilkan uang dengan bermodal internet (menggunakan hp/laptop). Tentu tidak semuah kelihatannya, tapi asal mau berusaha, semua bisa. Dari pada waktu #dirumahsaja habis untuk main game.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba:

Join / kerja di situs microtask

Ini mungkin yang paling kelihatan simpel dan cukup menghasilkan. Bergabung dengan beberapa situs microtask, yaitu situs yang menyediakan pekerjaan remeh, biasanya untuk project AI, atau untuk entri data.

Bergabung dengan microtask biasanya kita disuruh menandai object tertentu dalam gambar, menandai tulisan, mentranskrip audio, dll. Bayarannya cukup kecil, mungkin ada yg bergaji 0.1 dollar (10 sen) atau lebih, dan ada juga yang kurang dari itu. Tapi kalau di kalikan 10-20 task / pekerjaan perhari kan lumayan. Toh kita tinggal geser-geser mouse saja.

Satu hal yang perlu diperhatikan, sebelum kita diberi task / pekerjaan, biasanya ada tahapan training dulu dan kita harus lulus quiz nya. Dan kalau kita mengerjakannya asal-asalan, nanti ada review dan kita bisa kena penalty / tidak diberi task pekerjaan sejenis.

Dan biasanya mereka mewajibkan pakai laptop/pc, tidak bisa pake hp.

beberapa website microtask antara lain

  1. Amazon Mechanical Turk
  2. Remotask
  3. Appen.com
  4. clickworker

Ikut survey online

Ini lebih simple, kita tinggal milih apa yang ditawarkan survey, dan nanti ada poin yang kita terima setelah menyelesaikan survey. Setelah poin banyak nanti bisa ditukar dengan uang.

Beberapa web survey online antara lain:

  1. yougov
  2. surveyyeah
  3. myvocie
  4. populix

Dropshipper toko online (tokopedia)

Bikin toko online, jual barang orang lain (copy paste) dan naikin harga agar kita untung. Trus kalau ada orang yang beli ke toko kita, kita orderkan dari toko aslinya, dikirim langsung ke alamat pemesan

Daftar di web freelancer

Ini banyak juga sekarang. Ada yang lokal, ada yg internasional.

Disini kita bisa melihat project yang orang tawarkan (client cari freelancer untuk project mereka). Mulai kerjaan yg simple seperti membuat backlink ke website mereka (client), menulis artikel, desain banner, ilustrasi, logo dll.

Ada juga situs yang menampilkan / memasarkan keahlian dari para freelancer. Kita yang membuat gigs, atau dagangan skill kita, nanti orang yang membutuhkan tinggal browse mana yang cocok dengan kebutuhan mereka dan langsung kontak ke frelancer.

Memang membutuhkan skill sih, tapi banyak juga yang mudah dan simple.

Beberapa web freelancer

  1. Freelancer.com
  2. Projects.co.id
  3. Fiverr.com
  4. Upworks.com

Bikin blog, dan pasang iklan

Yang ini sedikit lebih ribet. Hasilnya tidak instant, butuh keseriusan, dedikasi dan konsistensi. Tapi kalau sudah berjalan, kita tinggal monitor, update sesekali, dan uang terus mengalir (andaikan segampang itu ya, haha)

Buat yang penasaran atau pengin coba, bisa dengan memulai bikin blog di blogger.com. Selain gratis dan mudah, juga sudah integrated sama Google Adsense, platform iklan punya google.

Nah mau coba yang mana?

2 thoughts on “Menghasilkan uang bermodal koneksi internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Menu