Pengalaman pertama dapat order di Fiverr.com

Fiverr.com adalah salah satu platform untuk para Freelancer menjual jasa / skill yang dimiliki.

Awalnya memilih join di Fiverr.com

Sehubungan dengan banyaknya Lock-Down ataupun karatina terkait Covid-19, situs-situs sejenis menjadi sangat ramai, sehingga jumlah order / pekerjaan tidak sebanding dengan orang / freelancer yang mencari kerja.

Itulah sebabnya saya jadi minder untuk fokus di Freelancer.com ataupun Projects.co.id, atau pun sribulancer, karena begitu ada client yang mem-posting project, yang bidding langsung segerombolan begitu. Saya yang masih pemula dan rating belum banyak pasti kalah.

Akhirnya saya pun mencoba di Fiverr.com.

Berbeda dengan Project.co.id/Sribulancer/Freelancer, di Fiverr.com kita yang membuka Gigs / produk yang kita jual. Misal saya jual jasa penulisan artikel dan back link. Nanti ada orang yang membeli produk saya / memesan jasa. Harga juga sudah kita setting dari awal, meskipun nanti bisa saja harga berubah karena tambahan permintaan dari client / buyer.

Order pertama di Fiverr.com

Singkat cerita, saya pasang 3 Gigs. Pertama tentang penulisan artikel / blog dalam Bahasa Inggris / Bahasa Indonesia, kedua pembuatan backlink (link building), dan yang ketiga penulisan artikel seputar Jepang, dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Eh suatu hari tahu-tahu ada yang nge-chat. Menanyakan bisa tidak membuat review sebuah object wisata terkenal di Jepang. Minta 1500 kata.

Awalnya saya agak ragu-ragu juga, karena saya juga kurang pengalaman tentang review object wisata. Dan 1500 kata juga banyak.

Tapi karena ini order pertama, saya akhirnya OK saja. Saya tawarkan 20 USD untuk 1500 kata.

Dia OK juga! Waktu pengerjaan 24 jam.

Akhirnya saya pun begadang, membaca puluhan artikel / review tentang object wisata tersebut, baik dalam bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Setelah beberapa jam, sayapun mengambil pulpen dan kertas, menulis kerangka tulisan saya tersebut, kemudian saya tulis pelan-pelan sambil sesekali membaca-baca lagi artikel tentang object wisata tersebut.

Akhirnya setelah 7 jam dari tanda jadi, saya pun deliver itu kerjaan.

Alhamdulillah di terima. Saldo rekening Fiverr.com saya pun bertambah jadi 16 USD (setelah dipotong 20% oleh Fiverr.com)

order pertama fiverr.com

Kena Scam 🙁

Tidak lama setelah order pertama saya tersebut selesai, saya mendapat chat lagi dari seorang calon client, intinya menanyakan apa saya bisa transkrip audio Bahasa Inggris ke text Bahasa Indonesia.

Saya OK langsung lah, lagi semangat haha.

Sayangnya si calon client tersebut menyampaikan kalau audio nya ada di amazon audible. Dia kasih linknya. Saya harus register.

Saya coba register, karena ada free trial. Tapi gagal terus karena mungkin kartu debit saya tidak dikenali. Memang sih ada Free trial di amazon audible nya. Tetapi untuk pendaftaran harus mendaftarkan Kartu Debit /Kartu Kredit.

Akhirnya saya bilang ke calon client untuk kirim file audio langsung. Tapi ternyata si calon client sudah tidak bisa di hubungi.

Rupanya itu salah satu modus Scam di Fiverr.com.

Si calon client cuman mau saya mendaftar di amazon audibles. agar dia dapat referring rewards. Jadi link yang dia kasih itu bukan link ke audio yang mau saya transkrip, tetapi link referral dia.

Akhirnya kecewa deh, belum jadi bertambah saldo saya di Fiverr.com.

Mau tarik ke Paypal kena 2USD, jadi maunya sekalian tunggu banyak. Kalau 16 USD di ambil jd nya kita terima hanya 14 USD. Sayang kan?

Yah gpp lah, semoga segera laku lagi gigs nya.

Begitulah pengalaman saya mendapat order di Fiverr.com 🙂

One thought on “Pengalaman pertama dapat order di Fiverr.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Menu